Skip to main content
Home / Wisata Kuliner

Wisata Kuliner


NASI TUMPANG JALAN DHOHO

Untuk mendapatkan masakan ini tidak terlalu sulit terutama pada malam hari, disepanjang Jl. Dhoho Kediri mulai pukul 21.00 WIB banyak ditemui penjual di sepanjang jalan hingga dini hari. Satu yang menarik penyajian makanan ini sebagai pengganti piring dan sendok yakni menggunakan pincuk dan suru yang bahannya dari daun pisang. Masakan ini mirip dengan gado-gado, walau ada perbedaan dalam bahan-bahan yang digunakan. Rasa pecel yang pedas menyengat menjadi ciri khas dari masakan ini.


SOTO AYAM BOK IJO

Soto Ayam Bok Ijo ini sudah melegenda, konon soto bok ijo ini sudah ada sejak tahun 1969, soto bok ijo atau juga sering disebut Soto Ayam Tamanan. Dikenal dengan sebutan Soto Bok Ijo karena lokasi berjualannya di sekitar Bok Ijo (Jembatan Hijau). Kini lokasinya sudah berubah menjadi pertigaan di samping Terminal Tamanan Kota Kediri. Dan para penjual soto di Bok Ijo dipindahkan di samping terminal, hingga saat ini bisa ditemui berjejer warung-warung soto di samping terminal. Soto Bok Ijo sendiri sebenarnya merupakan soto ayam biasa, atau bisa disebut soto Kediri. Selain menjual soto ayam, sentra “Soto Ayam Bok Ijo” ini juga menyediakan menu ayam bakar. Selain rasanya yg nikmat, hargannya juga merakyat, sehingga soto ini banyak digemari masyarakat.


TAHU KUNING KHAS KEDIRI

Tahu Kuning Kediri, sering juga disebut tahu Takwa, merupakan produk unggulan Kediri, Jawa Timur. Makanan yang unik berwarna kuning ini sangat digemari masyarakat Kediri dan sekitarnya. Rasanya yang khas, kenyal, bentuk yang unik berbeda dengan tahu-tahu yang ada di pasaran sekarang ini. Diprediksi mulai diproduksi sekitar tahun 1920 - an dan booming pada awal tahun 1950 - an. Menjadi oleh-oleh khas Kediri, kota kecil di kaki Gunung Kelud, Jawa Timur.


GETUK PISANG

Di Kediri, ada kuliner khas yang dapat dicicipi yaitu Getuk Pisang. Kuliner ini juga dapat dijadikan oleh-oleh. Untuk menikmati gethuk pisang tidak sulit. Anda bisa menemukannya di setiap sudut kota Kediri, mulai dari warung-warung kecil, pedagang asongan, hingga toko oleh-oleh.


PECEL PUNTEN

Pecel punten adalah makanan tradisional di pelosok selatan Jawa Timur. Pecel Punten biasa dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Bentuknya menyerupai lontong jika sudah dipotong. Punten terbuat dari beras yang ditanak dengan santan yang kemudian ditumbuh pelan. Umumnya ditambahkan paritan kelapa muda sehingga terasa semakin gurih. neras yang sudah tanak tersebut ditumbuk hingga halus dan lengket. Selanjutnya punten dapat dibentuk dan dihidangkan dengan cara dipotong seperti halnya lontong.


Eksternal Link

Jalan KDP. Slamet No.33, Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur 64114

(0354) 773157

disbudparporakotakediri@gmail.com