Skip to main content
Home / Wisata Alam

Wisata Alam


GOA SELOMANGLENG

Terletak di kaki gunung “Klotok” Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto  Kota Kediri, yang merupakan wilayah sebelah barat Kota Kediri. Goa ini diperkirakan dibuat pada abad 10 - 11 Masehi. Berdasarkan cerita rakyat, goa selomangleng adalah tempat pertapaan Dewi Kilisuci (Sanggramawijaya Tunggadewi), putri mahkota Raja Airlangga (Kerajaan Kahuripan).


WISATA ALAM SELOMANGLENG

Terletak bersebelahan dengan Goa Selomangleng. Di kawasan ini juga terdapat fasilitas kolam renang, dan wahana tempat bermain anak, juga taman untuk bersantai dan tentunya warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman tempat parkirnya juga luas. Di area ini juga terdapat patung dewi kili suci yang sangat cantik.


SUMBER CAKARSI

Cakarwesi  adalah sumber mata air yang terletak di Kelurahan Tosaren, Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Konon merupakan pintu rahasia untuk masuk ke Keraton Kediri yang digunakan oleh Raden Wijaya saat menyerang tentara Tartar yang sedang berpesta pora kemenangan setelah berhasil mengalahkan prajurit Kediri dan berhasil membunuh Prabu Jayakatwang. Cakarwesi juga menjadi salah satu ruang terbuka hijau. Pepohonan tinggi menjulang dan suasana di sekitarnya yang rindang menjadi daya tarik tersendiri bagi Cakarwesi.


SUMBER JIPUT

Sumber Jiput yaitu sebuah lokasi wisata mata air yang terletak di Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Pesantren yang disakralkan oleh warga sekitar. Konon sumber jiput yaitu sumber dari mata air dan angin, ada lebih dari 3 sumber mata air yang menjadi sumber kehidupan warga sekitar buat bercocok tanam, minum dan kebutuhan sehari-hari. Mata air tersebut sekaligus menjadi sumber munculnya angin yang secara misterius tiba dari lokasi itu, yang kemudian berubah menjadi angin puting beliung. Kemudian sejumlah mata air ditutup dengan mamakai jiput atau sapu lidi, sehingga sampai ketika ini disebut Sumber Jiput.


SUMBER DADAPAN

Sumber Dadapan terletak di Dukuh Dadapan Kel. Tinalan Kec. Pesantren Kota Kediri. Sumber Dadapan diduga mempunyai keterkaitan dengan cerita panji "Ande-ande Lumut" dahulu kala di desa ini hidup seorang janda yang dikenal dengan sebutan Mbok Rondo Dadapan yang mempunyai 3 orang putri yang cantik Kleting Abang, Kleting Hijau, Kleting Kuning. Ande-ande Lumut adalah nama samaran dari Panji Asmoro Bangun. Dalam cerita Ande-ande Lumut, dikisahkan Mbok Rondo kang ngawulusan berkehendak agar salah satu putrinya menjadi istri dari Ande-ande Lumut, namun justru Kleting Kuninglah (putri angkat Mbok Rondo kanang wulujan) yang dipilih Ande-ande Lumut menjadi istrinya. Kleting Kuning adalan nama samaran dari Dewi Sekartaji / Dewi Candra Kirana.

 


Eksternal Link

Jalan KDP. Slamet No.33, Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur 64114

(0354) 773157

disbudparporakotakediri@gmail.com