Skip to main content
Home / Desa Wisata

Desa Wisata


KAMPUNG TENUN BANDAR

Tenun ikat adalah kriya tenun Indonesia berupa kain yang ditenun dari helaian benang pakan atau benang lungsin yang sebelumnya diikat dan dicelupkan ke dalam zat pewarna alami. Alat tenun yang dipakai adalah alat tenun bukan mesin (ATBM).

Kain tenun ikat khas Kediri ? Mungkin tak terlalu banyak orang yang mengetahui bahwa Kediri mempunyai sentra kerajinan tenun ikat. Jika anda berminat datang langsung dan ingin tahu keberadaanya, langsung saja ke Kota Kediri, Jawa Timur. Tepatnya sentra pengrajin kain tenun ikat berada di desa Bandar Kidul.

Tenun ikat di Kediri sudah ada sejak tahun 1950-an, tapi produknya hanya berupa sarung goyor dan lebih bersifat lokal. Sarung goyor adalah sarung khas Kediri yang mempunyai keunikan yakni terasa dingin bila di pakai pada siang hari dan hangat bila dipakai di malam hari. Sarung goyor juga mempunyai beberapa motif antara lain: motif ceplok, tirto, long dan masih banyak motif yang lain.

Pada tahun 2000-an pengrajin Kain Tenun Ikat Kediri mulai mengembangkan produknya berupa kain/baju tenun. Dengan adanya produk baru tersebut kain tenun ikat Kediri menjadi lebih di kenal baik lokal, regional maupun nasional. Perkembangan produk baru itu juga di karenakan para pengrajin mulai sering mengikuti pameran.

Kain Tenun Ikat Kediri mempunyai 3 pilihan bahan yaitu misris/katun, semi sutra dan sutra. Harga kain tenun misris/katun lebih rendah dibandingkan kain tenun sutra. Motif dan warna yang tersedia sangat beragam anda dapat memilih mana yang cocok untuk anda. Jika kurang puas dengan pilihan yang ada, anda dapat memesan motif dan warna yang anda suka atau membawa desain/contoh sendiri.


Eksternal Link

Jalan KDP. Slamet No.33, Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur 64114

(0354) 773157

disbudparporakotakediri@gmail.com