Skip to main content
Home / Pengumuman / Seniman Mancanegara Ikut Meramaikan Pagelaran Panji Mbulan di Goa Selomangleng Kediri

Seniman Mancanegara Ikut Meramaikan Pagelaran Panji Mbulan di Goa Selomangleng Kediri


Senin, 2018-11-19 - 09:22:58 WIB

Kediri - Penampilan para seniman yang terlibat pada pagelaran seni budaya " Panji Mbulan" di Kota Kediri, Jawa Timur, Minggu (18/11/2018), cukup memukau penonton. Kawasan Goa Selomangleng, sebuah goa kuno dan bersejarah yang menjadi pusat lokasi pementasan, mendadak penuh dan ramai oleh penonton yang datang. Mereka antusias menyaksikan pertunjukan dari belasan seniman yang tidak hanya datang dari Tanah Air, tetapi juga para seniman yang datang dari mancanegara. Pagelaran itu sendiri memang diikuti oleh beberapa seniman yang berasal dari mancanegara yaitu meliputi China, Spanyol, Perancis, Jerman, Meksiko, serta Brazil.

Walikota Kediri, Abdullah Abu bakar yang datang dan menyaksikan secara langsung acara tersebut saat ditemui mengatakan bahwa ke depan akan membuat pagelaran seni semakin menarik dan membuat acaranya jauh lebih besar. 

"Kota Kediri memang tidak ada destinasi wisata yang cukup menarik untuk mendatangkan orang sehingga rasanya kita perlu mengadakan acara by design seperti ini. Kita juga mengadakan event, mendatangkan UMKM agar masyarakat daerah lain tertarik untuk berkunjung ke Kota Kediri", jelasnya. 

Walikota muda tersebut juga menyampaikan bahwa dari tahun ke tahun pemerintah kota kediri selalu berinovasi salah satunya dengan berkolaborasi dengan semakin banyak seniman baik lokal maupun mancanegara. 

"Acara ini sudah empat kali diadakan dan kami juga selalu bekerjasama dengan beberapa seniman baik dari berbagai daerah maupun luar negeri sehingga acaranya semakin mantab. Kita bisa mengekspos Goa selomangleng dan menjadi tontonan khususnya bagi masyarakat Kota Kediri dan alhamdulillah saya lihat juga banyak yang dari luar Kota Kediri," pungkasnya. 

Sementara itu, Sinarto Kepala Disbudparpora Jawa Timur mengatakan bahwa Kota Kediri memiliki Goa selomangleng yang patut untuk dieksplor dan memiliki sisi historis. 

"Kami dari Jawa Timur akan mencoba menyatu dengan Pak Wali yang memiliki strategi untuk mengeksplor potensi wisata di Kota Kediri. Panji sekarang menjadi pikiran besar di Indonesia. Jadi harus diungkap sejauh mana nilai budayanya. Kota kediri ke depan punya masa depan juga bisa dijadikan sebagai art tourism artinya di Kota Kediri inilah memungkinkan memiliki amenitas, aksesbilitas dan atraksi kepariwisataan," pungkasnya. 

Kegiatan yang dilaksanakan di Goa Selomangleng tersebut, mendapat sambutan yang sangat antusias dari masyarakat Kota Kediri. Ini terbukti dari banyaknya pengunjung yan menyaksikan pagelaran tersebut. Nampak hadir dalam pagelaran panji mbulan Walikota Kediri, Abdullah Abu bakar, Kepala Disbudparpora Jawa Timur Sinarto, Kepala Disbudparpora Kota Kediri Nur Muhyar.


Share Berita


Komentari Berita

Eksternal Link

Jalan KDP. Slamet No.33, Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur 64114

(0354) 773157

disbudparporakotakediri@gmail.com