Skip to main content
Home / Pengumuman / KEMERIAHAN JARANAN KOTA KEDIRI DALAM FESTIVAL KUWUNG 2017

KEMERIAHAN JARANAN KOTA KEDIRI DALAM FESTIVAL KUWUNG 2017


Senin, 2017-12-11 - 11:35:18 WIB

Banyuwangi - Banyuwangi Night Festival atau Festival Kuwung (Pelangi) Banyuwangi 2017 digelar Sabtu (9/12/2017) malam. Kota Kediri merupakan salah satu peserta festival tersebut. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, mengatakan, Festival Kuwung merupakan etalase kesenian dan tradisi khas masyarakat Banyuwangi dan sekitar yang beragam. Karena sesuai dengan namanya, Kuwung yang merupakan bahasa Osing artinya pelangi.

Kota Kediri mendapatkan kehormatan menjadi peserta pertama yang tampil, para seniman yang kali ini diwakili oleh Paguyuban Jaranan Kota Kediri (Wahyu Krida Budaya) tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Mereka menampilkan lakon Songgolangit Patemboyo, Alkisah Kerajaan Kediri mempunyai Putri cantik nan rupawan tiada banding yang tak dapat dilukiskan dengan kata - kata. Tidak mengherankan kalau digandrungi oleh banyak Raja dari berbagai Kerajaan. Putri tersebut bernama DYAH AYU SONGGO LANGIT. Di Kerajaan Kediri banyak berdatangan para Pelamar diantaranya Prabu SINGO BARONG dari Lodoyo. Kedatangan Pujonggo Anom untuk melamar membuat terkejut Dyah Ayu Songgo Langit. Akhirnya Dyah Ayu Songgo Langit mengeluarkan suatu PATEMBAYA (permintaan) yang isinya :

  1. Dia menginginkan sebuah titian yang tidak berpijak pada tanah.
  2. Barang siapa dapat membuat tontonan yang belum ada di jagad ini, dan bilamana digelar dapat meramaikan jagad.
  3. Pengarak manten menuju ke Kediri harus “nglandak sahandape bantala” ( lewat bawah tanah ) dengan diiringi tetabuhan.

Karena merasa cukup sulit permintaannya akhirnya keduanya bertapa/semedi memohon petunjuk Sang Dewata Agung. Dewata memberikan bahan yang dibutuhkan berupa : batang bambu, lempengan besi dan sebuah cambuk yang disebut PECUT SAMANDIMAN. Adapun batang bambu digunakan untuk kuda kepang melambangkan sebuah titian yang tidak berpijak pada tanah. Kemudian lempengan besi dijadikan bahan tetabuhan yang enak didengar. Dalam waktu yang singkat Kelono Soewandono berserta Pujonggo Anom sudah bisa memenuhi Patembaya Dyah Ayu Songgo Langit.


Share Berita


Komentari Berita

Eksternal Link

Jalan KDP. Slamet No.33, Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur 64114

(0354) 773157

disbudparporakotakediri@gmail.com